Home > Nasehat > Rombong Setan

Rombong Setan

Setan Musuh Manusia

Sebagai hamba Allah yang beriman, sudah menjadi kewajiban kita untuk beribadah dan menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah. Allah telah memerintahkan dan menegaskan bahwa musuh manusia yang nyata adalah Setan. Setan telah durhaka kepada Allah dan dengan lantang akan menyesatkan manusia dari jalan Allah. Allah juga telah mengingatkan kepada manusia bahwa setan adalah musuh bagi manusia. Maka janganlah mengikuti jalan-jalannya setan. Kita seharusnya juga menjadikan setan sebagai musuh yang jelas.

Mengenal Jalan Setan

Setan dengan tegas akan mempengaruhi manusi dari semua jalan baik dari kanan, dari kiri, dari depan, dan dari belakang untuk menggoda manusia. Setan menggoda manusia sehingga manusia lupa akan kewajibannya beribadah dan ingat kepada Allah. Setan selalu menghalang-halangi manusia untuk berbuat kebaikan dan menjauhi segala kejelekan. Setan justru mengajak pada kejelekan dan menjauhi kebaikan.

Setan menimbulkan banyaknya kemaksiatan, tindakan kriminal, tawuran antar pelajar/antar kelompok masyarakat, permusuhan antar etnis, penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan, mengutamakan kepentingan pribadi, bersifat egois, tidak peduli terhadap sesama dan lain-lain.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak datang suatu zaman kecuali susudahnya lebih jelek dari zaman sebelumnya.”

Rombong Setan

Allah memerintahkan manusia untuk mencari nafkah dan makan dari hasil yang halal. Setan berusaha untuk membalikkan keadaan usaha manusia dari yang halal menjadi haram. Sebuah rombong yang tadinya menyediakan makanan yang halal oleh setan dihalang-halangi dengan mencampurnya dengan bahan yang haram, maka jadilah rombong itu menjadi rombong setan. Atau ketika rombong dijadikan setan sebagai penghalang bagi manusia untuk tetap beribadah kepada Allah, maka rombong itu menjadi rombong setan. Maka jadikanlah setiap usaha yang kita lakukan justru lebih meningkatkan ibadah kita kepada Allah, maka rombong itu akan menyelamatkan kita dari jalannya setan.

Bukan hanya rombong, segala sesuatu bila sesuatu itu justru mengakibatkan kita jauh dari urusan ibadah kepada Allah maka sesuatu itu bisa dikatakan rombong setan.

Awas jangan sampai kita terjebak dengan jalan setan. Jalan yang sengaja menjadi penghalang kita untuk selalu ingat pada Allah.

Baca Juga:

Generus Cinta Al-Quran

Ingin Hidup Bahagia? Jadilah Mubaligh

Ayo Menghafal Qur’an

Kami Percaya Ulama

Jambore LDII Jatim

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*