Home > prinsip dakwah LDII > Ramadhan 1438H, LDII Serukan 5 Sukses

Ramadhan 1438H, LDII Serukan 5 Sukses

Bersyukur Menjumpai Ramadhan

Puji syukur Alhamdulillah kita hidup sekali ini kita diberikan nikmat sehat dan hidayah agama Islam. Terlebih kita diberi umur panjang untuk terus beribadah dan masih bisa menjumpai puasa Ramadhan 1438H tahun 2017.

Sebagai warga negara Republik Indonesia yang baik, tentu kita mengikuti 1 ramadhan, melalui sidang isbat penentuan awal bulan Ramadhan tahun 2017. Pemerintah Indonesia telah menetapkan mulai hari Sabtu, 27 Mei 2017 awal puasa ramadhan. Umat Islam bersuka cita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan dari Allah bagi hambanya yang menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Maha suci Allah atas segala limpahan nikmat dan rahmatNya amat sangat besar. Sungguh nikmat yang telah kita rasakan semasa hidup bila kita hitung-hitung takkan mampu untuk menghitungnya. Suka cita umat Islam di seluruh dunia menyambut gembira datangnya bulan Ramadhan yang penuh dengan rahmat dan ampunan.

LDII Menyeru 5 Sukses Ramahan

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menyerukan kembali kepada seluruh umat Islam untuk mensukseskan 5 program di bulan Ramadhan, yaitu:

  1. Sukses Puasa Ramadhan
  2. Sukses Sholat Tarawih
  3. Sukses Tadarus Al-Quran
  4. Sukses Iktikaf & Lailatul Qodar
  5. Sukses Zakat Fitrah

1. Sukses Puasa Ramadhan

Sukses puasa ramadhan selama satu bulan penuh dari terbit fajar (subuh) sampai terbenam matahari (maghrib). Ibadah puasa untuk tidak makan dan minum serta hal-hal yang membatalkan puasa. Saur adalah merupakan yang disunahkan dilakukan bagi yang berpuasa sebelum adzan subuh. Sementara berbuka puasa dilakukan setelah berkumandang adzan maghrib.

2. Sukses Sholat Tarawih

Sholat malam di bulan ramadhan (tarawih) dilaksanakan setelah sholat isya. Pelaksanaan tarawih bisa dimasjid, di musholah, atau dimana saja. Boleh dengan berjamaah ataupun sendiri. Sholat tarawih dengan rokaat genap ada yang 4-4 atau 2-2 dan ditutup dengan sholat witir tiga rokaat (ganjil).

3. Sukses Tadarus Al-Quran

Kesempatan untuk mencari ridlo dan pahala dengan banyak berbuat kebaikan. Salah satunya dengan memperbanyak membaca (tadarus) Quran. Rosululloh SAW juga mengerjakan tadarus Al-Quran di bulan ramadhan. Turunnya Al-Quran (Nuzulul Quran) juga di bulan ramadhan.

4. Sukses Iktikaf dan Lailatul Qodar

Ada satu malam di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan, dimana Allah menurunkan qodar yang disebut malam qodar (lailatul qodar). Malam lailatul qodar adalah malam berpangkat yang lebih baik dari 1000 bulan (80 tahun). Rosululloh bersama para sahabat lebih mempersungguh di sepuluh malam itu untuk beribadah (iktikaf) di masjid dalam rangka mencari malam qodar.

5. Sukses Zakat Fitrah

Sebagai penutup rangkaian ibadah dan puasa di bulan ramadhan adalah mendatangkan zakat fitrah. Zakat fitrah wajib hukumnya bagi setiap muslim.

Mari kita berfastabikul khoirot dalam mensukseskan 5 program di bulan ramadhan. Semoga tahun tahun depan kita bisa menjumpai bulan ramadhan lagi. Amin

Baca Juga:

Tes Urine, Santri LDII Bebas Narkoba

Kami Percaya Ulama

Mencegah Osteoporosis

Diet Seimbang

One Comment, RSS

  • Zarine Khan

    says on:
    June 14, 2017 at 7:30 am

    We wish all our viewers Eid Mubarak in Advance !!!

    Eid-al-Fitr 2017 will be celebrated in most countries of the world on Sunday, 25th June 2017.(https://goo.gl/3xhTGW)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*