Home > Ilmu > Jangan Pernah Merasa Sudah Hatam

Jangan Pernah Merasa Sudah Hatam

Gambaran ilmu

Gambaran ilmu itu sebagaimana lautan yang airnya takkan pernah habis. Allah menggambarkan ilmu yang manusia miliki itu seperti pena yang dicelupkan ke dalam lautan. Setelah pena di angkat maka yang menempel tersisa di ujung pena itulah ilmu yang manusia miliki.

Dalam suatu riwayat Tirmidzi, Rasulullah saw bersabda :

لَوْ كَانَت الدُّنْيَا تَعْدِلُ عِنْدَ الله جَنَاحَ بَعُوضَةٍ ، مَا سَقَى كَافِراً مِنْهَا شَرْبَةَ مَاءٍ

Seandainya dunia ini di sisi Allah senilai harganya dengan sayap nyamuk niscaya Allah tidak akan memberi minum barang seteguk sekalipun kepada orang kafir” (HR. Tirmidzi)

Belajar Ilmu yang Benar

Mengaji Al-Quran terlebih Al-Hadits tak akan pernah selesai atau hatam. Ilmu yang kita miliki belumlah seberapa. Ilmu bagaikan lautan yang tak akan pernah habis.

Iqra’, membacalah maka dengan membaca kamu akan mengerti. Untuk mengerti dan faham maka diperlukan pendalaman kajian. Majelis Taujih Wal Irsyad  LDII memberikan langkah mudah bagi warga LDII untuk lebih memahami kajian Quran dan Hadits. Baca pentingnya ilmu manqul.

Mencari ilmu bukan sekedar banyak-banyakan ilmu tapi kosong dalam pengamalan ilmuya. Ahli Ilmu tanpa pengamalan ibarat ahli bangunan yang tidak memiliki rumah.

Mengamal tanpa memiliki ilmu ibarat membuat rumah tanpa pengetahuan maka hasilnya juga tidak bagus. Rumah yang dibangun tanpa ilmu belum tentu juga jelek

Kalau keliru atau salah dalam urusan dunia walaupun gagal masih bisa diperbaiki. Tetapi bila salah dalam urusan ibadah, bila tidak segera bertobat dan mengikuti jalan yang Allah dan Rasulullah tunjukkan tidak mungkin bisa diperbaik. Seseorang tidak akan bisa menolak kematian, dan tidak bisa meminta dikembalikan dari kematian.

Teruslah Belajar

Selagi nafas masih ada, kesempatan untuk terus belajar dan menimba ilmu itu masih terbentang luas. Asal ada kemauan dan niat baik, maka Allah akan memudahkan jalan kita dalam menerima ilmu dan memahaminya. 

Baca Juga:

Generus Cinta Al-Quran

Rombong Setan

Ingin Hidup Bahagia? Jadilah Mubaligh

Ayo Menghafal Qur’an

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*